Tanda-tanda Kulit Rusak akibat cahaya Matahari dan Cara Mengobatinya


Kerusakan akibat sinar matahari, juga dikenal sebagai kerusakan foto mengacu pada bagaimana sinar UV matahari mengubah penampilan dan tekstur kulit. Hal ini disebabkan oleh paparan yang tidak terlindung terhadap sinar UV yang merusak. UV adalah bentuk radiasi yang tak terlihat yang dipancarkan oleh matahari. Sebenarnya ada dua jenis sinar UV, UVA dan UVB. Sinar UVA menembus jauh ke dalam kulit dan bertanggung jawab untuk penuaan dini kulit dan kanker kulit. Sinar UVB di sisi lain hanya mempengaruhi permukaan kulit dan bertanggung jawab untuk sunburns. Kita semua berisiko terhadap efek berbahaya dari matahari, namun, beberapa orang mungkin lebih berisiko daripada yang lain. Faktor-faktor seperti tempat Anda tinggal, jenis gaya hidup yang Anda miliki, genetika, dan prosedur kosmetik dapat berkontribusi terhadap kerusakan akibat sinar matahari.

Ada beberapa gejala khas kulit yang rusak akibat sinar matahari. Bintik matahari, kadang-kadang disebut bintik penuaan adalah salah satu gejala klasik kondisi kulit ini. Gejala lain juga termasuk keriput, garis-garis halus, kapiler yang pecah, tekstur kasar dan masalah pigmentasi dan semuanya akibat terlalu banyak terpapar matahari.

Ada sejumlah produk dan perawatan yang tersedia untuk membalikkan beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari. Mengambil obat-obatan seperti Retinol, Alpha Hydroxy Acids (AHA), antioksidan dan menjalani perawatan kulit wajah anti penuaan seperti mikrodermabrasi, pengelupasan kimia, pelapisan ulang laser, botox dan pengambilan kolagen hanya beberapa dari mereka.

Meskipun berbagai perawatan tersedia saat ini, pencegahan masih merupakan cara terbaik untuk mengontrol bintik-bintik usia dan gejala lain dari kerusakan akibat sinar matahari. Mengenakan tabir surya setiap hari terutama pada wajah dan bagian lain dari tubuh yang umumnya terkena adalah ide yang baik untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada kulit.
Menghindari paparan berlebihan terhadap matahari juga merupakan cara yang baik untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari. Menolak keinginan penyamakan di luar atau di dalam ruangan di bawah cahaya buatan juga merupakan cara lain untuk mencegah memaparkan kulit Anda terhadap sinar UV.

Selalu ingat bahwa kerusakan akibat sinar matahari bersifat kumulatif. Faktanya, diperkirakan bahwa sebanyak sembilan puluh enam persen dari tanda-tanda penuaan yang terlihat seperti garis-garis halus, keriput dan masalah pigmentasi adalah hasil dari kerusakan matahari kumulatif. Mungkin tidak terlihat ketika Anda masih muda tetapi itu tidak memberi Anda lisensi untuk menyalahgunakan dan mengabaikan kulit Anda. Kerusakan akibat matahari berakumulasi dari waktu ke waktu, jadi tidak ada kata terlambat untuk mulai melindungi kulit Anda. Lakukan mulai hari ini untuk masa depan yang lebih muda.

0 comments