Inilah Penyebab dan Perawatan untuk kulit yang terkena Melasma


Melasma adalah kondisi jinak di mana bercak gelap dari perubahan warna pada kulit yang terkena sinar matahari. Pigmentasi ini disebabkan oleh kadar melanin yang berlebihan.
Melasma terjadi lebih sering pada wanita, terutama selama kehamilan. Untuk alasan ini, ini disebut sebagai "topeng kehamilan."

Penting untuk memahami proses-proses kausal yang terlibat di belakang layar, sehingga untuk berbicara. Ada banyak pilihan perawatan yang tersedia. Namun tanpa tingkat pemahaman yang tepat, akan sulit untuk menentukan mana yang masuk akal.

PENYEBAB MELASMA
Seperti banyak masalah kulit lainnya, melasma disebabkan oleh predisposisi genetik. Dengan kata lain, contoh-contoh kondisi sering terjadi dalam keluarga. Juga dengan kembar identik, kemunculan macules coklat akan terjadi pada kedua saudara kandung.
Predisposisi genetik ini mengatur kondisi fisiologis yang menentukan cara kulit merespon paparan sinar matahari.

Fluktuasi kadar estrogen dan progesteron, misalnya bersamaan dengan manifestasi makula melasmik.
Melanin berasal dari struktur khusus dalam sel-sel kulit yang disebut meloncit. Mereka menjadi sangat aktif ketika kulit terkena sinar matahari dan menghasilkan konsentrasi melanin yang tinggi.

PENGOBATAN UNTUK MELASMA
Karena melasma adalah gangguan pigmen, penting untuk perawatan untuk mengatasi kondisi pada tingkat melanin, hadir di epidermis dan dermis.
Hydroquinone adalah krim topikal, tersedia dengan resep, yang mengurangi aktivitas proses biokimia yang terlibat dalam memproduksi melanin. Konsentrasi efektivitas standar adalah 2-4%.
Laser kosmetik juga dapat mengatasi melasma dengan memberantas struktur di dalam sel-sel kulit yang mengandung melanin. Contohnya termasuk Fraxel Dual dan Nd: YAG 1064 laser.
Intense Pulse Light tidak dianggap sebagai laser. Laser menggunakan satu warna atau panjang gelombang. IPL, di sisi lain menggunakan beberapa panjang gelombang yang juga menargetkan melanosom dengan cara yang sama seperti laser. Karena IPL bukan laser, ia tidak dapat mencapai lapisan kulit di bawah permukaan kulit. Jadi itu hanya berguna ketika melanosom hadir di epidermis.

CATATAN AKHIR
Melasma terjadi terutama pada wanita dari semua etnis. Meskipun mungkin tampak mirip dengan bintik-bintik, melasma memiliki hubungan langsung dengan kadar hormon. Dan sementara bintik-bintik terlihat pada individu dengan kulit yang cerah, melasma adalah umum di antara wanita dengan warna kulit coklat muda. Selain topikal dan perawatan menggunakan laser dan cahaya, penting bagi individu untuk menggunakan tabir surya, dengan rating 30+ SPF yang melindungi terhadap radiasi UVA dan UVB

0 comments