4 cara mudah menurunkan kadar kolesterol tanpa obat obatan

Memiliki kadar kolesterol tinggi merupakan ancaman besar dan menjadi perhatian utama bagi kesehatan Anda. Ada beberapa perubahan gaya hidup yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda meningkatkan jumlah lipid Anda. Meskipun minum obat yang diresepkan statin benar-benar dapat membantu mengendalikan tingkat lipid Anda, penggunaan seumur hidup mereka dapat memicu banyak efek samping yang dapat merusak kesehatan dan tubuh Anda di masa depan.Jika mengonsumsi statin atau obat penurun kolesterol mungkin tampak sedikit terlalu ekstrem untuk Anda,

cara menurunkan kadar kolesterol

di bawah ini adalah empat tip yang disarankan yang dapat Anda ikuti untuk membantu mengurangi jumlah kolesterol Anda melalui pendekatan yang aman, efektif dan alami.

1.Perbanyak  serat 

Buah-buahan segar, sayuran, gandum utuh, gandum, dedak dan biji-bijian lainnya adalah sumber serat yang bagus. Menambahkan serat ke dalam diet Anda dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan juga mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25%.

2.Memasukkan ikan ke dalam diet Anda 

 Ikan terutama salmon, sarden, dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang diketahui dapat membantu meningkatkan HDL atau dikenal sebagai kolesterol baik. HDL atau lipoprotein dengan kepadatan tinggi sangat membantu menangkal lipid buruk dari aliran darah dan membantu mereka untuk ekskresi. Dikatakan bahwa makan 5-8 porsi ikan per minggu dapat secara signifikan mengurangi jumlah LDL dan meningkatkan jumlah HDL Anda. Lain kali Anda memesan hidangan di restoran, lewati steak yang menggugah selera itu dan pilihlah salmon yang baru dibumbui.

3.Hindari lemak jenuh 

Sebisa mungkin, batasi asupan makanan yang tinggi lemak jenuh yang umumnya ditemukan pada makanan olahan seperti kue, keripik, dan kue kering lainnya. Sumber lemak jenuh yang tinggi juga dapat ditemukan pada daging organ, kuning telur, dan produk susu berlemak tinggi seperti susu, mentega, dan keju.

4.Latihan yang cukup 

Latihan selalu merupakan cara yang baik untuk menurunkan kolesterol dan penyakit lainnya. Anda tidak perlu memaksakan diri terlalu keras dan berlatih seperti atlet untuk berolahraga atau menurunkan berat badan, berjalan selama sekitar 30 menit selama tiga hingga empat kali seminggu sudah dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

Empat tips di atas benar-benar dapat membantu menurunkan profil lipid total dan kadar kolesterol Anda. Dengan membuat perubahan sederhana dalam konsumsi makanan sehari-hari Anda dan membuat kebiasaan berolahraga, Anda tidak hanya mengurangi risiko Anda mengalami serangan jantung fatal, stroke dan penyakit jantung, tetapi Anda juga mempromosikan umur panjang dan penuaan yang sehat!

Selain cara di atas , yang tidak kalah penting untuk mempercepat turunnya kadar kolesterol adalah menaikkan kadar kolesterol baik dalam tubuh

Lalu bagaimana cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh kita ? 


Para ahli mengatakan bahwa peningkatan kadar kolesterol baik dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung, serangan jantung dan stroke. Dipercaya bahwa HDL, atau dikenal sebagai kolesterol baik, membantu menghilangkan deposit plak dan LDL di dalam aliran darah dan dinding arteri untuk ekskresi. Oleh karena itu, lipid jenis ini juga membantu dalam mempertahankan elastisitas arteri dan pada saat yang sama membantu dalam mempromosikan aliran darah yang cukup ke jantung dan tubuh.Jika menurunkan kolesterol jahat mungkin terdengar agak ekstrem dan membosankan di pihak Anda, mengapa tidak bertujuan untuk meningkatkan kolesterol baik saja? Di bawah ini adalah beberapa kiat cerdas dan cara bagaimana Anda dapat meningkatkan kolesterol HDL secara alami.

Olahraga harian

Latihan adalah salah satu rejimen terbaik yang ada untuk mencapai kesehatan dan kebugaran yang optimal. Melibatkan diri Anda dengan berbagai aktivitas fisik membawa banyak manfaat kesehatan. Di antara kelebihan yang akan Anda dapatkan dari melakukan latihan harian adalah sebagai berikut: 
Penghentian merokok
 
Nikotin yang ditemukan pada tembakau dan rokok dapat menyebabkan arteri menyempit yang merupakan faktor penyebab angina dan serangan jantung. Jika Anda merokok, mulailah berhenti sedini sekarang. Ini dapat membantu Anda meningkatkan kolesterol baik Anda hingga setinggi 10 persen. 
Turunkan  berat badan dan lemak di dalam  tubuh

Kelebihan berat badan atau melebihi berat badan ideal Anda membuat Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung, obesitas, dan diabetes. Menurunkan berat badan sebanyak 6 pound meningkatkan jumlah HDL Anda dengan 1mg / dL. Mulailah memangkas berat badan Anda dan temukan jalan menuju hati yang bahagia dan tubuh yang lebih sehat. 
Pilihlah lemak yang lebih sehat

Keripik, kue, kue kering, kue, gorengan, makanan siap saji dan makanan cepat saji sangat menggoda dan lezat! Tetapi penyebut umum di antara jenis makanan ini adalah bahwa mereka kaya lemak jenuh yang juga mengandung jumlah kolesterol jahat yang tinggi. Jika Anda ingin meningkatkan kolesterol HDL Anda, Anda harus menjauhkan diri dari makan barang-barang ini.Gabungkan asam lemak omega-3 pada diet Anda dan tambahkan ikan, buah-buahan segar dan sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian ke dalam rencana makan mingguan Anda. Anda akan segera melihat penurunan yang signifikan pada jumlah lipid total setelah sebulan mengikuti kursus diet jantung yang sehat.

0 comments