Apakah Cincin Kolesterol itu ? hal yang harus kamu ketahui tentang cincin kolesterol


Cincin kolesterol bisa merupakan manifestasi dari kondisi yang disebut hiperkolesterolemia atau yang biasa dikenal dengan kadar kolesterol tinggi. Fenomena ini hanya bisa dilihat melalui tes laboratorium mata. Cincin ini mungkin ditemukan di sisi dan bagian depan kornea. Tampak samar dan berwarna seperti susu.

Apakah Cincin Kolesterol itu,cara menurunkan kadar kolesterol
 
Meskipun cincin-cincin ini tidak mempengaruhi penglihatan Anda atau mata Anda, memiliki cincin-cincin itu tidak boleh diabaikan karena ini merupakan indikator bahwa Anda mungkin memiliki tingkat kolesterol yang tidak terkendali yang perlu diintervensi.
 
Ikhtisar Singkat
 
Lemak atau lemak berlebih dapat disimpan di bagian tubuh manapun. Itu bisa ditemukan di dalam mata, suatu kondisi yang disebut mata xanthoma. Itu juga bisa ditemukan di sekitar kelopak mata Anda atau yang biasa dikenal sebagai bintik-bintik kolesterol dan di bagian lain dari tubuh juga.
Deposito ini yang dapat muncul dalam warna putih atau kuning adalah manifestasi dari masalah mendasar. Ini mungkin disebabkan oleh penyakit tiroid, sindrom metabolik, sirosis atau kerusakan hati, diabetes atau penyakit lain yang terkait dengan lipid.
Biasanya, cincin-cincin kolesterol ini dapat mulai muncul di usia akhir 20 atau awal 30-an tergantung pada jumlah total lipid profil Anda. Jika Anda memiliki kadar kolesterol yang tidak terkontrol sejak awal usia 20-an, kemungkinan pembentukan cincin lebih mungkin terjadi di tahun-tahun awal Anda juga.
 
Faktor risiko
 
Beberapa faktor risiko yang perlu Anda pertimbangkan yang terdiri dari:
Perawatan dan Solusi
Cincin ini tidak berbahaya tetapi jika Anda merasa sangat tidak nyaman memilikinya, Anda dapat membuat diri Anda disaring dan berkonsultasi dengan dokter Anda tentang perawatan laser. Atau, jika Anda tidak nyaman dengan operasi kecil atau prosedur kosmetik, yang dapat Anda lakukan adalah mengelola dan menurunkan kadar kolesterol Anda dan menjaga mereka pada tingkat normal.
Anda bisa mulai dengan memodifikasi jenis makanan yang Anda makan. Anda harus menjauhkan diri dari makanan olahan yang mengandung banyak lemak, sodium dan kolesterol dan memasukkan lebih banyak serat dalam makanan Anda. Makan makanan yang memiliki serat larut dapat membantu menurunkan jumlah LDL Anda dan pada saat yang sama, meningkatkan HDL Anda. Anda juga perlu menjadi aktif secara fisik untuk meningkatkan kolesterol baik Anda. Berjalan 30 menit atau jogging secara teratur diyakini dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung.
 
Pencegahan
 
Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Ya itu benar dan Anda mungkin pernah mendengar ini berkali-kali.
Jika Anda kebetulan memiliki riwayat keluarga hiperkolesterolemia, penting bahwa Anda perlu melakukan tindakan pencegahan untuk mencegah bintik-bintik, benjolan atau cincin ini bermanifestasi. Ikuti gaya hidup sehat, hindari rokok, lakukan olahraga dan selalu memeriksakan kadar kolesterol Anda adalah kunci Anda untuk jantung yang sehat dan hidup lebih lama.

0 comments