3 Hal yang menghambat anda untuk Menyembuhkan Fobia

Serangan fobia bukanlah pengalaman yang menyenangkan tetapi meskipun fobia cukup mudah untuk disembuhkan, banyak penderita fobia terus menghindari mencari bantuan. Mari kita lihat 3 hal yang menghentikan Anda menyembuhkan fobia Anda.
1 - Penundaan
Penundaan, menunda sampai nanti apa yang bisa Anda lakukan sekarang, adalah kondisi yang umum di antara orang-orang yang sebagian besar dari kita bahkan tidak menyadarinya mungkin menjadi masalah. Wajar jika kita ingin menghindari kegiatan yang tidak ingin kita lakukan atau situasi yang kita pikir tidak menyenangkan. Cukup sering itu adalah pekerjaan kecil yang paling sering kita tunda; hal-hal yang ketika kita lakukan pada akhirnya tampaknya sangat mudah (daripada tugas monster yang kita yakini akan terjadi) sehingga kita bertanya-tanya mengapa kita tidak melakukannya lebih awal. Hal yang sama berlaku untuk menyembuhkan fobia. Terlalu banyak penderita fobia diberitahu oleh orang lain, atau meyakinkan diri mereka sendiri, bahwa menyembuhkan fobia memakan waktu lama dan merupakan tugas yang sulit dan tidak menyenangkan. Tidak ada yang bisa lebih jauh dari kebenaran. Sekarang sangat mudah untuk menyembuhkan sebagian besar fobia dengan cara yang sederhana dan dapat diandalkan sehingga menundanya sama sekali tidak masuk akal. Jangan biarkan penundaan Anda menghentikan Anda lagi; membuat keputusan untuk menyembuhkan fobia Anda dan bertindak sekarang.
2 - Takut akan rasa takut
Ketakutan adalah pengalaman yang tidak menyenangkan sehingga kebanyakan dari kita cukup masuk akal mencoba menghindarinya. Ketakutan alami bersama kita dalam satu atau lain bentuk hampir setiap hari, sangat penting untuk bertahan hidup, tetapi ketakutan irasional yang menjadi dasar fobia bukan bagian dari ketakutan alami ini. Sayangnya, terlalu banyak orang yang secara keliru percaya bahwa untuk menyembuhkan fobia Anda harus menderita ketakutan yang menciptakan reaksi fobia. Cabang psikologi yang menggunakan terapi perendaman (membuat seseorang menghadapi ketakutan terburuk mereka) untuk mencoba menyembuhkan fobia telah memberi orang gagasan bahwa inilah cara fobia perlu disembuhkan. Ini tidak benar. Anda tidak perlu menderita ketakutan untuk menyembuhkan fobia Anda. Jangan biarkan rasa takut menghadapi ketakutan fobia menghentikan Anda dari mencari obat fobia yang lebih sederhana dan jauh lebih menyenangkan.
3 - Stigma psikologi
Fobia adalah suatu kondisi pikiran, biasanya pikiran bawah sadar, dan di banyak negara telah menjadi jauh lebih dapat diterima untuk mengunjungi seorang psikolog atau psikiater sebagai sarana untuk menemukan obat; atau bahkan sebagai bagian dari pemeliharaan kesehatan sehari-hari. Bahkan jika media harus dipercaya, di dunia showbiz yang berkilauan, banyak orang berpikir seorang psikolog adalah aksesori fashion. Sayangnya, di beberapa negara yang memiliki masalah kesehatan mental atau mengakui masalah emosional, seperti fobia, mungkin masih membawa stigma sosial dari generasi sebelumnya. Banyak orang masih tidak dapat mengakui di depan umum bahwa ia membutuhkan bantuan seorang psikolog karena takut dicap sebagai orang yang sakit mental. Hal yang sama berlaku untuk beberapa penderita fobia. Karena fobia dianggap irasional atau tidak logis, penderita non-fobia sering menganggapnya sebagai tanda kelemahan mental dan akan mengolok-olok penderita yang dapat menyebabkan penderita fobia menghindari mencari bantuan yang sangat mereka inginkan dan butuhkan. Untungnya, penyembuhan fobia yang paling dapat diandalkan tidak memerlukan layanan psikolog atau dokter jika Anda memiliki motivasi dan disiplin diri untuk melakukan rutinitas sederhana yang akan menyembuhkan masalah bagi Anda. Jangan biarkan ketakutan akan stigma sosial mencegah Anda membebaskan diri dari pengalaman mengerikan yang dihasilkan oleh serangan fobia. Ingatlah bahwa stigma sosial biasanya merupakan hasil dari ketidaktahuan dan kurangnya pemahaman yang tidak akan membantu Anda menyembuhkan fobia Anda.

0 comments